Tips Merawat Komputer

Diposting oleh batangharijambi Jumat, 26 Maret 2010



sebagai anggota blogger pastinya tidak terlepas dari komputer, noot book, ataupun laptop, oleh karena itu agar tetap prima kita harus selalu menjaga dan merawatnya, saya ada bebera tips ne untuk merawat PC kita antara lain :
  1. jangan mematikan komputer dengan menekan tonbol power sebelum OS/WINDOWS benar-benar mati dan Hard disk sudah tidak bekerja lagi ( lampu indikator sudah tidak berkedip ). mematikan komputer dengan menggunakan tombol power tanpa menunggu OS berhenti akan menyebabkan kehilangan data atau file-file sistem Windows , lakukan hanya bila terpaksa. Lebih parah lagi jika kerusakan yang muncul adalah kerusakan fisik hard disk akibat head mengenai permukaan hard disk. jika mungkin, lakukan reboot komputer dengan menekan Ctrl+ Alt+Delete secara bersamaan dan lakukan sekali lagi untuk reboot.
  2. Belilah UPS ( uninteruptable power supply). UPS mencegah komputer dari kerusakan yang disebabkan tegangan belebihan/berkurang. Pada saat listrik mati berarti komputer dimatikan tidak sesuai prosedur dan akibatnya ada pada point 1 (khusus komputer).
  3. Defragment harddisk secara berkala, Disk Defragmenter berfungsi untuk menata dan mengurutkan file-file harddisk berdasarkan jenisny sedemikian rupa sehingga mempermudah proses read sehingga mengurangi beban kerja. Cara melakukannya dengan mengeklik menu Start>Program>Accesories>Sytem Tool>Disk Defragmenter.

  4. Ventilasi yang cukup,Tempatkan monitor maupun CPU sedemikian rupa sehingga ventilasi udara dari dan ke monitor / CPU cukup lancar. Ventilasi yg kurang baik akan menyebabkan panas berlebihan sehingga komponen/rangkaian elektronik di dalamnya akan menjadi cepat panas sehingga dapat memperpendek umur komponen tsb. Oleh karena itu usahakan jarak antara monitor/CPU dengan dinding/tembok minimal 30 cm. Kalau perlu pasang kipas angin di dalam ruangan.

  5. Install program antivirus dan update secara berkala Untuk dapat mengenali virus/trojan baru sebaiknya update program antivirus secara berkala. Virus yg terlanjur menyebar di komputer dapat membuat Anda menginstall ulang komputer.Hal ini selain membutuhkan biaya juga akan menyebabkan harddisk Anda akan lebih cepat rusak dibanding apabila tidak sering diinstall ulang.

  6. Bersihkan Recycle Bin secara rutin Sebenarnya file/folder yg kita hapus tidak langsung hilang dari harddisk karena akan ditampung dahulu di Recycle Bin ini dengan maksud agar suatu saat apabila Anda masih membutuhkannya dapat mengembalikan lagi. Recycle Bin yg sudah banyak juga akan menyita ruang harddisk yg dapat menyebabkan pembacaan harddisk jadi lamban. Caranya: jalankan Windows Explorer > klik Recycle Bin > klik File > klik Empty Recyle Bin.

  7. Jangan meletakkan Speacker Active terlalu dekat dengan monitor Karena medan magnet yang ada pada speaker tersebut akan mempengaruhi monitor yaitu warna monitor menjadi tidak rata atau belang-belang.
  8. Uninstall atau buang program yg tidak berguna

    Ruang harddisk yg terlalu banyak tersita akan memperlambat proses read/write harddisk sehingga beban kerjanya akan lebih berat sehingga harddisk akan cepat rusak.

  9. Bersihkan motherboard & peripheral lain dari debu secara berkala,

    Setidaknya enam bulan sekali hal ini harus dilakukan. Buka casingnya terlebih dahulu kemudian bersihkan motherboard dan periferal lain (RAM, Video Card, Modem, Sound Card, CDR/CDRW/DVRW, TV Tuner) dengan sikat halus. Pada saat komputer tidak digunakan tutuplah komputer (monitor, CPU, keyboard dan mouse) dengan cover sehingga debu tidak mudah masuk ke dalam komputer.

  10. Pasang kabel grounding

    Apabila casing Anda nyetrum, ambil kabel dengan panjang seperlunya dan lakukan: ujung satu dihubungkan dengan badan CPU (pada casing) sedangkan ujung yg lain ditanam dalam tanah (lantai). Hal ini akan dapat meng-ground-kan (me-nol-kan) tegangan listrik casing. Karena tegangan casing sudah sama dengan tanah, maka tidak akan arus yang mengalir sehingga komponen elektronik dalam casing tersebut lebih awet. Selain itu, Anda juga terbebas dari bahaya fisik (kena setrum) .

    Untuk laptop, Anda dapat menambahkan beberapa perawatan, diantaranya:

    Sekarang ini sudah tersedia bantalan kipas angin (Pulpet). Kipas angin itu ditempatkan di bawah laptop sebagai landasan atau dudukan sehingga bagian bawah laptop yang panas akan di-angin-i. Anda dapat memakainya untuk mencegah pemanasan komponen-komponen dalam laptop Anda.

    • Gunakan baterai hanya untuk keadaan mendesak, terburu-buru, penting, dan tidak ada power source di tempat Anda menggunakan laptop. Jangan menggunakan laptop dengan kondisi baterai on dan charging on. Kondisi ini akan menyebabkan baterai Anda terbakar sedikit demi sedikit sehingga umurnya (span of life) berkurang drastis.
    • Secara berkala, habiskan isi (tegangan) baterai sampai benar-benar habis. Lakukan: Klik kanan di Dekstop > klik Properties > klik ScreenSaver > klik Power > klik Alarms > hilangkan centang opsi Activate low battery alarms dan opsi Activate critical battery alarms > klik Ok.

    Ini berfungsi untuk merawat baterai sehingga umurnya bisa tetap terjaga.

sampai disina dulu, sob semoga bermanfaat dan selamat mencoba.


2 Responses to Tips Merawat Komputer

  1. ritz Says:
  2. waaahhh...
    keran ini sobat..
    tapi untuk spesifikasi lptop kira2 penangannya jauh berbada tidak yah?

     
  3. sama aja sob, mngkin yang kurang berpengaruh terlalu besar pada poin 2, tapi lebih baik kita pakai juga agar lebih aman sob.

     

Posting Komentar

Pengikut

translator

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Buku Tamu

cek page rank anda, disini !

Check Page Rank of any web site pages instantly:
  
This free page rank checking tool is powered by Page Rank Checker service